Jum’at Bersih

Pernah nggak sih masuk ke dalam ruangan kantor yang isinya berantakan dan tidak teratur ? Apa yang ada di dalam benak sahabat saat melihat tampilan yang seperti itu ? Tentu saja ada rasa tidak nyaman ya…

Seringkali kita mendapati obrolan mengenai kantor adalah rumah kedua. Nah, tentu saja sebagai rumah kedua kita perlu membuat suasana kantor menjadi nyaman untuk beraktivitas. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar adanya lho, karena ternyata jika kita hitung waktu yang kita habiskan di kantor lebih banyak dibandingkan di rumah. Selain nyaman untuk aktivitas sehari-hari, ruang kantor juga harus aman.

Hal ini tentu saja terkait dengan regulasi pemerintah untuk memperhatikan faktor keselamatan kerja. Keselamatan kerja ini akan dicapai jika kita disiplin menerapkan 5R. Apa sih 5R itu ? 5R adalah metode untuk mengatur dan mengelola tempat kerja menjadi tempat kerja yang baik sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja.

Nah, sekarang kita bahas penerapan 5R di kantor ya…

  1. Ringkas
    Aktivitas yang dilakukan adalah :

Memilah barang yang diperlukan & yang tidak diperlukan.
Memilah barang yang sudah rusak dan barang yang masih dapat digunakan.
Memilah barang yang harus dibuang atau tidak.
Memilah barang yang sering digunakan atau jarang penggunaannya.

  1. Rapi
    Aktivitas yang dilakukan adalah :

Menata/mengurutkan peralatan/barang berdasarkan alur proses kerja.
Menata/mengurutkan peralatan/barang berdasarkan keseringan penggunaannya, keseragaman, fungsi dan batas waktu penggunaannya.
Pengaturan (pengendalian) visual supaya peralatan/barang mudah ditemukan, teratur dan selalu pada tempatnya.

  1. Resik
    Aktivitas yang dilakukan adalah :

Membersihkan tempat kerja dari semua kotoran, debu dan sampah.
Menyediakan sarana dan prasarana kebersihan di tempat kerja.
Meminimalisir sumber-sumber kotoran dan sampah.
Memperbarui/memperbaiki tempat kerja yang sudah usang/rusak

  1. Rawat

Aktivitas ini adalah mempertahankan kondisi di atas

  1. Rajin

Disiplin untuk menjalankan 4 kegiatan di atas.

Kalau tadi kita membahas mengenai penerapan 5R, sekarang kita bahas mengenai apa saja sih manfaat penerapan budaya 5R di tempat kerja. Yuk simak berikut ini:

Meningkatkan produktivitas karena pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
Meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
Mengurangi bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
Menambah penghematan karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.

Wah, ternyata menerapkan 5R ini sangat penting ya untuk kita terapkan di kantor. Dan di tengah pandemic corona ini, menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kantor menjadi hal yang wajib, lho. Hal ini agar kita senantiasa sehat dan terlindungi dari virus jahat.